Kamis, 19 Desember 2013

Makalah Tentang Menu dan Ikon MS Exel



MAKALAH
MENU DAN IKON “MICROSOFT EXCEL”
Dibuat Untuk Memenuhi Tugas TIK
 



 DISUSUN OLEH :
 
DWI PUSPA KRISMAYANTI
N. SUSI YUSWIANTI
KATA PENGANTAR

Dengan segala kerendahan hati kami memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas berkat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan Tugas Makalh ini yang berjudul “ Menu dan Ikon Microsoft excel”.
Mungkin dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan baik itu dari segi penulisan, isi dan sebagainya. Maka kami sangat mengharapkan kritikan dan saran guna perbaikan untuk pembuatan makalah untuk hari yang kan datang.
Demikianlah sebagai pengantar data, dengan iringan serta harapan semoga tulisan sederhana ini dapat diterima dan bermanfaat bagi pembaca. Atas semua ini kami mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga, semoga segala bantuan dari semua pihak mudah-mudahan menjadi amal yang baik yang diberikan oleh Allah SWT.





Pangandaran, Oktober 2013


Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.
Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai cara menggunakan Mikcrosoft Excel khususnya dalam dunia pendidikan.Karena fungsi Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan khusunya bagi para calon guru.Contoh bahwa Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan misalnya dalam mengentri data – data nilai siswa,merangking hasil belajar siswa,pembayaran SPP siswa,presensi kehadiran,dan lain – lain. Dengan alasan tersebut kami menyusun makalah Microsoft Excel ini demi menunjang bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel.Dengan demikian pembaca dapat menggunakan makalah ini sebagai tuntunan dalam mempelajari Teknologi Informasi khususnya dalam bidang Microsoft Excel.




B. Rumusan Masalah
1. Apa definisi Microsoft excel ?
2. Menu dan Ikon apa saja yang terdapat pada Microsoft excel ?
C. Tujuan Penulisan
1. mengetahui definisi Microsoft Excel
2. Mengetahui Menu dan Ikon Pada Microsoft Excel















BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Microsoft Excel
 Microsoft Excel adalah General Purpose Electronic Spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengorganisir,menghitung, menyediakan maupun menganalisa data-data dan mempresentasikannya ke grafik atau diagram. Kemudahan lain yang diperoleh dari program ini adalah terintegrasinya program Microsoft Excel dengan program aplikasi windows yang lain. Saat anda membuka Microsoft Excel maka sebuah buku kerja (Workbook) siap digunakan yang didalamnya terdapat beberapa lembar kerja (worksheet).
Lembar keja dalam Microsoft Excel dalam satu sheet terdiri dari 256 kolom (columns) dan 65536 baris (rows). Kolom ditampilkan dalam tanda huruf A, B, C dan berakhir pada kolom IV. Sedangkan baris dilambangkan dalam bentuk angka 1, 2, 3 dan berakhir pada 65536. Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel (cell), misal, pada perpotongan kolom B dengan baris ke 5 disebut sel B5. Dan sel yang bergaris tebal menandakan bahwa sel tersebut dalam keadaan aktif.
 Microsoft Excel adalah General Purpose Electronic Spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengorganisir, menghitung, menyediakan maupun menganalisa data-data dan mempresentasikannya ke grafik atau diagram. Kemudahan lain yang diperoleh dari program ini adalah terintegrasinya program Microsoft Excel dengan program aplikasi windows yang lain. Saat anda membuka Microsoft Excel maka sebuah buku kerja (Workbook) siap digunakan yang didalamnya terdapat beberapa lembar kerja (worksheet).
Lembar keja dalam Microsoft Excel dalam satu sheet terdiri dari 256 kolom (columns) dan 65536 baris (rows). Kolom ditampilkan dalam tanda huruf A, B, C dan berakhir pada kolom IV. Sedangkan baris dilambangkan dalam bentuk angka 1, 2, 3 dan berakhir pada 65536. Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel (cell), misal, pada perpotongan kolom B dengan baris ke 5 disebut sel B5. Dan sel yang bergaris tebal menandakan bahwa sel tersebut dalam keadaan aktif.

Microsoft excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode-metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data-data sekolah, hasil-hasil penelitian, maupun dalam pembuatan makalah pribadi.



B.     Menu dan Ikon Microsoft Excel

1.  Office Button
New, Untuk membuat dokumen baru
Open, Untuk membuka dokumen yang sudah tersimpan
Save, Untuk menyimpan dokumen
Save As, Untuk menyimpan dokumen dengan nama berbeda
Print,Untuk mencetak dokumen
            Prepare, Untuk mengatur sheet
Send, Untuk mengirim sheet melalui pengiriman elektronik
Publish, Untuk melakukan pengaturan pendistribusian sheet
Close, Untuk menutup sheet yang sedang aktif
   2. Quick Access Toolbar
a.   Save, untuk menyimpan file yang sudah selesai dikerjakan atau yang masih sedang dikerjakan.
b.   Undo, untuk membatalkan perintah terakhir yang diberikan.
c.   Redo, untuk membatalkan redo.
d.   New, untuk membuat lembar kerja yang baru.
e.   Open, untuk membuka file atau dokemen yang pernah kita buat di Microsoft Excel.
f.   E-mail, untuk mengirimkan dokumen kita melalui surat lektronik menggunakan jaringan internet ke alamat E-mail yang kita hendaki.
g.   Quick Print, untuk mencetak dokumen ke printer secara cepat.
h.   Print Preview, untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak.
i.    Sort Ascending, untuk mengurutkan data dari mulai yang terkecil sampai yang   terbesar.
j.    Sort Descending, untuk mengurutkan data dari mulai yang terbesar sampai yang terkecil.
   3. Control Menu
a.   Minimize = mengecilkan tampilan window.
b.   Maximize = memperbesar tampilan window.
c.   Close    = menutup program.
   4. Ribbon
Pada Microsoft Excel 2013, menu tersusun dalam tab-tab menu yang ditampilkan dalam bentuk ikon-ikon yang dikelompokkan ke dalam ribbon.
Ribbon terbagi menjadi beberapa tab. Pada tiap-tiap tab, ikon dibagi menjadi beberapa kelompok menurut kriteria tertentu. Pada beberapa kelompok, di sudut kiri bawah terdapat ikon yang berfungsi menampilkan kriteria lebih lanjut. Ribbon juga menampilkan tab secara default, yaitu tab home, insert, page layout, formulas, data, re-view, dan view. Jika terdapat add ins, maka aplikasi juga akan menampilkan tab add ins. Selain tab-tab tersebut, juga terdapat tab yang lain yang lebih umum berkaitan dengan objek yang disisipkan
a) Tab Home

Nama
Shortcut
Fungsi
Clipboard                                                                                          
Paste
Ctrl+V
Menempelkan objek pada clipboard ke dalsam dokumen
Cut
Ctrl+X
Memindahkan objek ke clipboard
Copy
Ctrl+C
Menyalin objek ke clipboard
Format Painter

Mengkopi format dokumen yang sudah ada untuk ditempatkan di dokumen lain.
Font
Bold
Ctrl+B
Cetak tebal
Italic
Ctrl+I
Cetak miring
Underline
Ctrl+U
Cetak garis bawah
Border

Membuat garis tepi pada sel aktif
Fill Color

Mewarnai background sel yang dipilih
Font Color

Mewarnai teks pada sel yang dipilih
Font Size

Mengubah ukuran font.
Jenis Font

Mengubah jenis font.
Grow Font

Memperbesar font.
Shirnk Font

Memperkecil Font
Alignment
Top Align

Perataan data sel pada posisi vertikal dengan rata atas.
Middle

Perataan data sel pada posisi vertikal dengan rata tengah.
Battom Align

Perataan data sel pada posisi vertikal dengan rata bawah.
Align Text Left

Perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata kiri
Center

Perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata tengah.
Align Text Right

Perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata kanan.
Orientation

Perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata bawah.
Decrease Indent

Mengurangi jarak indentasi.
Increase Indent

Menambah jarak indentasi.
Wrap Text

Melipat penulisan data teks dalam sel, biasanya untuk panjang teks yang melebihi ukuran lebar kolom.
Marge and Center

Menggabungkan beberapa sel menjadi sel tunggal dan meratakan data sel pada bagian tengah horizontal.
Number
Number Format

Memformat data-data bertipe angka.
Accounting Number Format

Memformat data numerik dengan format currency atau mata uang.
Percent Style
Ctrl+Sift+%
Memformat data numerik dengan format persen.
Comma Style

Memformat data numerik dengan format akutansi.
Increase Decimal

Menambah jumlah digit angka desimal.
Decrease Decimal

Mengurangi jumlah digit angka desimal.
Styles
Conditional Formatting

Memformat tabel-tabel data berdasarkan kriteria/kondisi khusus.
Format as Table

Memformat data-data dalam suatu range dari beberapa sel menjadi suatu format tabel.
Cell Styles

Memformat data-data dalam sel dan memiliki berbagai pilihan format.
Cells
Insert Cells

Menyisipkan sel, baris, kolom, dan sheet.
Delete Cells

Menghapus sel, baris, kolom, dan sheet.
Format

Mengatur  tinggi baris dan lebar kolom hingga menyembunyikan baris dan kolom.
Editing
AutoSum
Alt+’
Menjumlahkan data dalam suatu range sel yang telah ditentukan.
Fill

Membuat deret data dalam suatu range, menyalin isi data suatu sel atau range.
Clear

menghapus data dalam sel atau range yang dipilih, seperti isi, format dan komentar sel.
Sort and Filter

Mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar, begitu juga sebaliknya.
Find and Select

Mencari dan mengganti data secara otomatis.








b) Tab Insert
     
Nama
Shortcut
Fungsi
Tables

Menyisip pivotable untuk dat-data table yang kompleks dan membuat table untuk mengatur dan menganalisis data.
Illustrations

Menysip gambar ClipArt, bentuk-bentuk bangun, dan smartart grafik.
Charts

menyisipkan grafik dalam berbagai bentuk ke dalam data dokumen.
Text

Menyisipkan kotak teks, Header and Footer, WordArt, tanda tangan objek, dan simbol.
Links
Ctrl+K
Membuat hyperlink, misalnya menghubungkan data dengan web atau program tertentu.

c)  Tab Page Layout

Nama
Fungsi
Themes
Themes
Mengatur atau mengubah desain dokumen yang sedang dikerjakan.
Page Setup


Margins
Mengatur ukuran margin suatu dokumen, yakni jarak tulisan terhadap tepi kertas.
Orientations
Mengatur orientasi pencetakan dokumen. Ada dua pilihan orientasi, yaitu portrait (vertical) dan landscape (horizontal).
Size
Mengatur atau menetukan ukuran kertas.
Print Area
Menetukan area cetak pada dokumen atau mencetak range yang diblok saja.
Breaks
Membagi dokumen menjadi beberapa bagian atau memisahkan halaman sheet dokumen.
Background
Memberikan gambar latar pada lembar kerja.
Print Titles
Menentukan range kolom tau baris yang akan dicetak berulang.
Scale to Fit
Width
Mengatur agar ukuran lebar dokumen disesuaikan dengan ukuran lebar kertas.
Height
Mengatur agar ukuran lebar dokumen disesuaikan dengan ukuran tinggi kertas.
Scale
Menetukan nnilai persen untuk memperkecil dan memperbesar ukuran dokumen saat dicetak.
Sheet Options
Sheet Options
Menampilkan garis kisi-kisi sel (gridlines) antara baris dan kolom, serta menampilkan heading dari baris dan kolom.
Arrange
Bring to Font
Memindah urutan objek terpilih ke urutan paling depan.
Send to Back
Memindah urutan objek terpilih ke urutan paling belakang.
Selection Pane
Menampilkan Task Pane Selection and Visibility yang digunakan untuk menyeleksi suatu objek gambar untuk ditampilkan atau disembunyikan.
Align
Mengatur perataan objek dengan posisi rata kiri (left), kanan (right), tengah (center/middle)
Group
Mengelompokkoan beberapa objek atau gambar dalam suatu kelompok sehingga menjadi satu objek.
Rotate
Memutar dan membalikkan posisi ibjek yang sudah terpilih, dapat kea rah kanan, kiri, dan sebagainya.








d) Tab Formulas

Ikon
Nama
Shortcut
Fungsi
Function Library
Insert Function
Shift+F3
Untuk menyisipkan fungsi/rumus tertentu.

AutoSum

Untuk menjumlahkan data-data dalam suatu range tertentu secara otomatis, menghitung rata-rata data, data tertinggi, data terendah, dan fungsi lainnya.
Recently Used

Untuk memasukkan rumus-rumus dari fungsi yang pernah digunakan.
Financial

Untukmemasukkan rumus-rumus dari fungsi yang pernah digunakan.
Logical

Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi logika.
Text

Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi teks.
Date and time

Untuk membuat fungsi-fungsi yan berkaitan dengan waktu dan tanggal.
Lookup and Reference

Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi pembacaan tabel.
Math and Trig

Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi matematika.
More Functions

Untuk membuat fungsi-fungsi yang lain seperti fungsi statistic, engineering atau teknik, fungsi informasi, dan lain-lain.
Defined Names

Name Manager
Ctrl+F3
Membuat, mengedit/memperbaiki, menghapus, dan mencari semua nama sel atau range yang digunakan dalam workbook. Nama ini dapat digunakan dalam suatu rumus atau formula.
Define Name

Membuat penamaan sel atau range yang elah dipilih dan akan digunakan dalam rumus atau formula.
Use in Formula

Menyisip nama sel atau range yang digunakan sebagai pengganti alamat sel atau range dalam penulisan rumus dan fungsi dalam suatu rumus atau formula.
Create from Selection
Ctrl+
Shift+F3
Membuat nama dari serangkaian sel baik kolom maupun baris secara otomatis.
Formula Auditing
Trace Precedents

Menampilkan tanda panah yang mengarah ke satu sel hasil perhitungan suatu rumus atau fungsi dari kelompok sel.
Trace Dependents

Menampilkan tanda panah dari suatu kelompok sel yang mengarah ke suatu sel yang berisi hasil perhitungan dari suatu rumus fungsi.
Remove Arrows

Untuk menghapus tanda panah yang ditampilkan oleh Trace Precedents dan Trace Dependents.
Show Formulas
Ctrl+’
Menampilkan rumus dari suatu sel hasil perhitungan .
Error Checking

Memeriksa kesalahan suatu rumus.
Evaluate Formula

Mengevaluasi rumus/formula yang digunakan.
Watch Window

Menampilkan Wacth Window, yang digunakan untuk memonitor atau mengamati beberapa sel sekaligus, meskipun sedang bekerja pada lembar kerja atau buku kerja yang berbeda.
Calculation
Calculation Options

Memilih formula yang akan dikalkulasikan atau dihitung.
Calculate Now

Mengalkulasi atau menghitung serangkaian data pada workbook yang sedang dikerjakan.
Calculate Sheet

Mengalkulasi atau menghitung serangkaian data pada sheet yang sedang dikerjakan.








e) Tab Data

Nama
Shortcut
Fungsi
Get External Data
From Access

Mengambil atau mengimpor data dari program Microsoft Access.
From Web

Mengambil atau mengimpor data dari halaman web.
From Text

Mengambil atau mengimpor text dari file lain.
From Other Source

Mengambil atau mengimpor data dari sumber-sumber lain selain yang diatas.
Existing Connections

Mengambil atau mengimpor data dari koneksi data yang sedang sedang dijalankan atau yang pernah dilakukan.
Connections
Refresh All

Update data pada dokumen yang berasal dari sumber data.
Properties

Mengukur koneksi dokumen dengan sumber data.

Edit Links

Menampilkan/melihat semua file yang terhubung dengan dokumen untuk meng-update atau memutuskan dokumen.
Sort & Filter
Sort A to Z

Mengurutkan data dari kecil ke besar.
Sort Z to A

Mengurutkan data dari besar ke kecil.
Sort

Menampilkan dialog sort untuk mengurutkan data.
Filter

Menyaring data.
Data Tools

Text to Columns

Meisahkan sel menjadi dua kolom, misalnya memisahkan sel yang  namanya terdiri dari dua kata, maka menjadi dua sel dengan nama dari nama pertama dan kedua.
Remove Duplicates

Membatalkan duplikasi baris dalam suatu sheet.
Data Validations

Melakukan validasi data yang sedang dikerjakan agar data-data yang akan dimasukkan bisa dikontrol.
Consolidate

Menggabungkan beberapa range menjadi satu range.
What-If Analysis

Menganalisis atau mencoba beragam nilai untuk formula yang terdapat dalam sheet.
Outline

Outline

Menjumlahkan dat-data dari beberapa baris yang berhubungan secara otomatis dan menyisipkan hasilnya dalam suatu sel yang terpilih.











f)  Tab Review

Nama
Fungsi
Proofing
Spelling and Grammar
Mengecek ejaan dan tata bahasa.
Research
Membuka jendela task pane Research.
Thesaurus
Mencari persamaan arti kata.
Translate
Menerjemahkan suatu kata ke dalam bahasa lain.
Comments
New Comment
Menambahkan komentar.
Delete Comment
Menghapus komentar.
Show/Hide Comment
Menampilkan/menyembunyikan komentar.
Show All Comment
Menampilkan seluruh komentar.
Changes
Protect Sheet
Memproteksi atau melindungi data dalam suatu sheet, sehingga pemakai tidak sembarangan melakukan perubahan terhadap data dalam sheet tersebut.
Protect Workbook
Memproteksi atau melindungi data dalam suatu workbook, sehingga pemakai tidak sembarangan melakukan perubahan terhadap data dalam workbook tersebut.
Share Workbook
Membagi sel workbook pada orang lain, sehingga orang lain bisa mengakses file itu juga.
Protect and Share Workbook
Memproteksi sekaligus membagi file workbook pada orang lain, tetapi orang tersebut tidak bisa melakukan perubahan terhadap file itu.
Allow Users to Edit Ranges
Mengizikan orang lain melakukan perubahan terhadap data yang dibagi atau di-sharing.
Track Changes
Menelusuri perubahan yang dilakukan terhadap file workbook yang dipakai bersama.

g) Tab View

Nama
Fungsi
Workbook View
Normal
Menampilkan dokumen secara normal
Page
Layout menampilkan dokumen dengan tata letak halaman (hasil cetakan).
Page Break Preview
Menampilkan dokumen dengan tanda batas halam.
Full Screen
Menmpilakn dokumen satu layar penuh.
Zoom
Zoom
Memperbesar/memperkecil  tampilan.
100%
Menampilkan ukuran sebenarnya.
Zoom to selection
Menampilkan objek yang dipilih dalam satu layar.
Windows
New Window
Menampilkan dokumen aktif pada jendela baru.
Arrange All
Menmpilkan semua dokumen.
Freeze Panes
Mempertahankan sebagaian sheet tetap terlihat pada saat sheet digulung.
Split
Membagi lembar kerja menjadi beberapa bagian sehingga kita bisa melihat lokasi yang berbeda pada lembar kerja.
Hide
Menyembunyikan jendela buku kerja yang aktif.
Save Workspace
Menyimpan lingkungan kerja.
Switch window
Mengaktifkan jendela buku kerja yang sedang terbuka.
Macro
Macro
Membuat macro.






BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Jadi kesimpulan dari penyusunan makalah ini mengupas tuntas tentang bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel sesuai dengan harapan. Dengan demikian sedikit banyak makalah ini dapat membantu dalam menjawab semua rumusan masalah yang ada dan semua pertanyaan – pertanyaan yang berhubungan dengan Microsoft Excel.



DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar